Langsung ke konten utama

Indra Keenam


Tidak banyak hal yang dapat saya utarakan untuk sosok bapak ini. Sebelumnya hanya kata “LUAR BIASA” yang menurut saya pantas untuk mengawali tulisan ini dan kata tersebut juga merupakan kata yang pantas untuk seorang bapak dari satu orang putra ini.

Saya memang belum lama mengenal beliau, namun begitu banyak ilmu dan pengalaman “LUAR BIASA” yang saya dapatkan dari beliau ini.

Awal pertemuan kami ialah disebuah majelis ilmu, tepatnya di tangerang. Saya tidak tahu pasti nama tempat tersebut karena pada saat itu adalah untuk pertama kalinya saya pergi jauh untuk menuntut ilmu. Kami bertemu dalam pertemuan workshop yang diadakan oleh salah satu lembaga. Pada awal acara tersebut coach atau pembimbing mulai mempersilahkan para peserta untuk memperkenalkan diri, dari masing-masing peserta ada 1 peserta yang menarik perhatian saya, sosok yang “LUAR BIASA”, lantang bersuara, percaya diri tinggi dan berintelektual. Beliau adalah INDRA MARTHA RUSMANA seorang dosen MATEMATIKA di Universitas Indraprasta PGRI yang padahal menurut saya usianya tergolong masih muda untuk seseorang yang berprofesi dosen, itulah awal perkenalan yang sungguh luar biasa dimata saya.

Setelah pertemuan tersebut saya mencari tahu tentang beliau dan berteman lebih dekat melalui jejaring sosial Facebook. Dari laman facebooknya saya bisa menilai bahwa benar dugaan saya beliau ini sosok yang sangat “LUAR BIASA” bukan tanpa sebab saya menilai seperti itu. Melainkan karena setiap post yang beliau upload di laman facebooknya sarat sekali akan ilmu dan juga motivasi.

Disetiap postingannya selalu saja menarik hati saya dan membuka wawasan pikiran saya. Kadang saya takjub dan bergumam dalam hati “oh.. begini ya isi kepala seorang dosen” penuh dengan intelektualitas.

Bukan hanya saya saja yang takjub akan sosok beliau melainkan banyak juga orang-orang yang berkomentar positif disetiap postingan beliau, ya sesuai judul yang saya berikan “INDRA” KE ENAM.

Beliau ini seperti panca indra tambahan untuk kami melihat dunia dan membuka wawasan. Banyak pengalaman dan ilmu yang tidak bisa dijangkau oleh mata saya yang saya dapatkan dari “INDRA” KE ENAM.

Diketahui beliau ini adalah founder dari BINA CERDAS MANDIRI (BCM). itu merupakan sebuah lembaga khusus yang dia peruntukan untuk menyebarkan ilmu lebih luas. Ilmu apa saja dia berikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dari ilmu ilmiah dan ilmu sosial, sudah banyak tempat yang beliau kunjungi dan sambangi, mulai kota hingga ke daerah.

Begitulah beliau selalu melayani masyarakat yang membutuhkan asupan ilmu ataupun sekedar asupan motivasi tentang kehidupan darinya.

Saya sendiri adalah seorang pemalu yang saat itu adalah seorang mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar yang minim sekali akan ilmu dan pengalaman tentang kehidupan. Banyak sekali ilmu yang harus saya kejar dan pelajari untuk menyokong masa depan saya.

Di atas adalah awal perkenalan saya dengan beliau, lalu saya akan bercerita tentang awal kedekatan kami. Awal kenapa saya ingin kenal dan dekat dengan beliau ini karena saya ingin menjadi makhluk “LUAR BIASA” seperti beliau. Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat dan orang terdekat. Dan hal yang membuat saya semakin ingin dekat dengan beliau adalah kesamaan minat dan cara pandang kami. Itulah awal dimana saya ingin mengenal lebih dekat dengan sosok beliau.


Pada tahun berikutnya kami mulai berkomunikasi via whatsapp dan saya mulai belajar dengan beliau ada suatu ketika disebuah event kampus tak sengaja saya mengabari beliau bahwa saya diundang oleh pihak kampus saya untuk menjadi pemateri HYPNOTIS di acara tersebut. Itu sebenarnya adalah event pertama saya dimana saya menjadi pemateri. Beliau ini yang memotivasi saya dan mengajarkan saya untuk percaya diri dan mengambil kesempatan yang ada untuk saya belajar. Dan tak disangka-sangka beliau menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Semakin termotivasilah saya. Dikarenakan sosok yang saya kagumi hadir untuk melihat seorang “anak kemarin sore” mengisi suatu event.

Pada tahap selanjutnya kami berbincang dan merencanakan untuk membuat sebuah workshop tentang public speaking dan hypnosis. Alhamdulillah rencana itu dapat terwujud di tahun 2018. Dimana acara tersebut di laksanakan di serang, Banten. Sungguh moment yang sangat “LUAR BIASA” bagi saya dapat berduet dengan orang yang saya kagumi sejak lama tersebut.

Suatu pengalaman berharga untuk saya dan yang pasti ilmu yang sangat “LUAR BIASA” bagi saya.
Kedekatan kami mulai terjalin dan menjadi akrab (menurut saya). Kami  tak segan untuk menanyakan kabar dan saling berkomunikasi via whatsapp dan facebook walaupun hanya sebuah obrolan yang sebetulnya tidak penting. Hanya saja setiap kali saya berkomunikasi dengan beliau ada saja ilmu yang saya dapatkan dari beliau ini. Betul betul sebuah “INDRA” KE ENAM bagi saya.

Begitulah awal perkenalan dan awal dimana saya bertemu dengan “INDRA” KE ENAM saya. Mungkin para pembaca lain memiliki hal yang lebih “LUAR BIASA” lagi dengan beliau. Disini saya hanya menceritakan awal perkenalan saya saja karena untuk moment moment yang lain akan terus berlanjut seiring masih bernafasnya kami berdua. Dan juga sebenarnya masih banyak sekali pengalaman saya dengan beliau salah satunya adalah beliau menjadi dosen pembimbing saya dalam menyelesaikan skripsi saya. Tapi tidak saya muat karena akan memakan waktu yang banyak bagi para pembaca.

Sekian cerita saya, dan Terimakasih saya ucapkan, khususnya untuk INDRA MARTHA RUSMANA yang telah memotivasi saya untuk melangkah lebih jauh melebihi kemampuan saya.


*)Pandu Krisna Winata (Guru dan Juga Pakar Hypnosis)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara SMK Al-Maarif Kramatwatu Mengisi HUT Banten ke-23

  Begini cara SMK Al-Maarif Kramatwatu memperingati HUT Banten ke-23 Tahun Bertempat di aula sekolah, SMK Al-Maarif Kramatwatu bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMK Al-Maarif, Kramatwatu mengadakan kegiatan pelatihan softskill dan hardskill sebagai upaya meningkatkan kemampuan alumninya menghadapi dunia kerja. Dihadiri oleh perwakilan alumni dari angkatan I sampai angkatan VIII, kegiatan pelatihan berlangsung seru dan menyenangkan. Anidri M.Pd, kepala SMK Al-Ma'arif Kramatwatu mengatakan "Kegiatan pelatihan ini dalam rangka memperingati hari jadi provinsi Banten yang ke-23 tahun. Dengan kegiatan ini semoga berdampak lebih baik lagi untuk keterserapan lulusan, dengan di sesuaikan nya bakat minat potensi anak . Maka kami dari pihak sekolah mengadakan kegiatan pelatihan ini sebagai upaya Tracer Study dan juga menjalin ikatan lebih erat dengan alumni. Dengan motto kepala SMK "Bukan hanya menunggu potensi atau menggali potensi akan tetapi menciptakan potensi". Jadi, al

Pendidikan Matematika Gelar DPNPM Tahun 2023

  Pendidikan Matematika Unindra Sukses Gelar DPNPM 2023 Foto: Panitia Pelaksana DPNPM Tahun 2023 Jakarta (10/06) Mengusung tema yang luar biasa, yaitu “ Menguatkan Peran Pendidik dalam Bingkai Trend Pembelajaran Matematika Abad 21 yang Berkarakter Pancasila ”, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) sukses menggelar kegiatan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (DPNPM) Tahun 2023 secara daring. Kegiatan DPNPM tahun ini diikuti dari oleh peserta se-Indonesia dari pulau Sumatera hingga Nusa Tenggara, M. Tohimin Apriyanto, Ketua Pelaksana melaporkan. Selain itu, dalam diskusi panel ini pun pesertanya beraneka macam latar belakang, ada guru, calon guru, praktisi pendidikan, akademisi, dan juga masyarakat umum yang ingin lebih memahami mengenai Pembelajaran Matematika Abad 21. “Suksesnya kegiatan diskusi panel pendidikan matematika tingkat nasional ini tak lebih karena banyak dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak, diantara himpunan matematikaw

Guru Public Speaker

  ✒️ Webinar Bersertifikat 10 JP Training Online “ GURU PUBLIC SPEAKER, BICARA YANG BERDAMPAK ” ¬ Ayo Belajar dan berdiskusi bersama mengenai Asyiknya Komunikasi dan Menjadi Pembicara yang Berdampak, 3247+ Orang sudah mengikuti webinar ini. Masih ada Guru yang takut ketika diminta untuk menjadi pembina upacara, mengisi kultum, menjadi MC, dan menyampaikan ide di depan orang banyak. “Apakah Bapak/Ibu salah satunya?” Masih mau belajar kan para guru Nusantara dengan semangat yang masih terus menyala? ========================== Semangat Pagi! Perkenalkan, saya, Indra dari Banten, izin menginformasikan program webinar 10 JPL. Semoga bermanfaat. 😊 πŸ™ Tempat Pelaksanaan: Zoom Meeting & You Tube Non Publik Pemateri/Trainer: Indra Martha Rusmana, M.Pd.,C.AT.,C.AM.,C.Ht.,C.L.,C.IB. Profil Pemateri πŸ‘‡πŸ» https://youtube.com/shorts/rb51GvfeCdw?feature=share Testimoni Peserta πŸ‘‡ https://youtube.com/shorts/55HccBPrcGw?feature=share Waktu Pelaksanaan: Sabtu, 12 Agustus 2023 Pkl. 19.30-21.00 WIB I